SILABUS BAHASA INGGRIS KLS IX SEMETER GASAL KD 3.1

ANALISIS SILABUS 

 

 

 

SATUAN  PELAJARAN        :  SMP/MTs

UNIT KERJA                                     :  SMP NEGERI 4 MALANG

MATA PELAJARAN             :  BAHASA INGGRIS

KELAS / SEMESTER            :  IX/GASAL

 

 

Kompetensi Inti          :

KI 1:    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

KI 2:    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI 3:    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI 4:    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

 

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

IPK,

NILAI KARAKTER

Langkah Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

3.1 Menerapkan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta menanggapinya sesuai dengan konteks penggunaannya

4.1     menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks  

 

Teks lisan dan tulis tentang teks interaksi interpersonal

·   Fungsi sosial

Mejaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman

·   Struktur teks

Dapat mencakup :

- memulai

- menanggapi (diharapkan / diluar dugaan)

 

·   Unsur kebahasaan

-    Ungkapan a.l

Congratulations,

I hope so,

I wish you luck, dll

 

-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

 

·   Topik

      Prestasi dan kebahagiaan yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

 

   

3.1.1 Mengidentifikasi fungsi sosial teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya.

 

 

3.1.2

Menerapkan struktur teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya.

 

 

3.1.3

Menggunakan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya.

 

 

4.1.1

Menulis dialog pendek sangat sederhana yang melibatkan tindakan

menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, dan menanggapinya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks 

 

 

4.1.2

Menyajikan dialog pendek sangat sederhana yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

NILAI KARAKTER :

 

·      Rasa ingin tau

 

·      Percaya diri

 

·      Peduli

 

·      Kerja sama

 

·      Bertanggung jawab

 

 

 

 

 

·      Menyimak, menirukan, dan memperagakan beberapa contoh percakapan, dengan

     ucapan dan tekanan kata yang benar

 

·      Mengidentifikasi ungkapan yang sedang dipelajari

 

 

·      Menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau yang berbeda.

 

 

·      Menentukan ungkapan yang tepat secara lisan / tulis dari berbagai situasi lain yang serupa.

 

·      Melakukan percakapan

terkait tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan

selamat atas suatu

kebahagiaan dan prestasi

 

 

·      Membuat percakapan tulis pendek sederhana terkait tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi

 

 

 

 

·      Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya

 

 

 

 

 

 

Cara Penilaian:

Penilaian

dilakukan pada

tiga unsur kompetensi,

yaitu sikap, pengetahuan,

dan keterampilan

 

Sikap

Observasi terhadap sikap yang menonjol selama proses pembelajaran baik yang positif maupun yang negatif yang dicatat dalam buku jurnal

 

Pengetahuan

Penilaian lisan / tertulis atau penugasan yang mencakup: fungsi social,struktur teks, dan unsur kebahasaan

 

Keterampilan

Penilaian praktik memberi dan meminta informasi yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, terkait topic yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas IX

 

8 JP

 

·      Buku Teks wajib : Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia 2018 Edisi Revisi, Bahasa Inggris, Think Globally Act Locally, SMP/Mts Kelas IX

·      Contoh teks tertulis

·      Sumber dari internet, seperti:

-       www.dailyenglish.com

-       http://americanenglish.state.gov/files/ae/resource_files

-       http://learnenglish.britishcouncil.org/en/

 

 

                  

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WELCOME to MY BLOG