SILABUS BAHASA INGGRIS KLS IX SEMETER GASAL KD 3.1
ANALISIS SILABUS
SATUAN PELAJARAN : SMP/MTs
UNIT KERJA : SMP NEGERI 4 MALANG
MATA PELAJARAN : BAHASA INGGRIS
KELAS / SEMESTER : IX/GASAL
Kompetensi Inti :
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
IPK, NILAI KARAKTER |
Langkah Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
3.1 Menerapkan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta menanggapinya sesuai dengan konteks penggunaannya 4.1 menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Teks lisan dan tulis tentang teks interaksi interpersonal · Fungsi sosial Mejaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman · Struktur teks Dapat mencakup : - memulai - menanggapi (diharapkan / diluar dugaan)
· Unsur kebahasaan - Ungkapan a.l Congratulations, I hope so, I wish you luck, dll
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
· Topik Prestasi dan kebahagiaan yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
|
3.1.1 Mengidentifikasi fungsi sosial teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.1.2 Menerapkan struktur teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.1.3 Menggunakan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1.1 Menulis dialog pendek sangat sederhana yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, dan menanggapinya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.1.2 Menyajikan dialog pendek sangat sederhana yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya..
NILAI KARAKTER :
· Rasa ingin tau
· Percaya diri
· Peduli
· Kerja sama
· Bertanggung jawab
|
· Menyimak, menirukan, dan memperagakan beberapa contoh percakapan, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
· Mengidentifikasi ungkapan yang sedang dipelajari
· Menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau yang berbeda.
· Menentukan ungkapan yang tepat secara lisan / tulis dari berbagai situasi lain yang serupa.
· Melakukan percakapan terkait tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi
· Membuat percakapan tulis pendek sederhana terkait tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi
· Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
|
Cara Penilaian: Penilaian dilakukan pada tiga unsur kompetensi, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan
Sikap Observasi terhadap sikap yang menonjol selama proses pembelajaran baik yang positif maupun yang negatif yang dicatat dalam buku jurnal
Pengetahuan Penilaian lisan / tertulis atau penugasan yang mencakup: fungsi social,struktur teks, dan unsur kebahasaan
Keterampilan Penilaian praktik memberi dan meminta informasi yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, terkait topic yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas IX
|
8 JP
|
· Buku Teks wajib : Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia 2018 Edisi Revisi, Bahasa Inggris, Think Globally Act Locally, SMP/Mts Kelas IX · Contoh teks tertulis · Sumber dari internet, seperti: - http://americanenglish.state.gov/files/ae/resource_files - http://learnenglish.britishcouncil.org/en/
|
Komentar
Posting Komentar